. KARAKTERISTIK BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI | '=welcome to Ren's Zone='

KARAKTERISTIK BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI



1.      Karakteristik-karakteristik terbaik pendidik menurut saya,
diantaranya :
KARAKTERISTIK
CONTOH SITUASI
1.      Ramah
Sewaktu SMA, saya selalu ingat pada guru kesenian saya, beliau selalu ramah , tersenyum menyapa kabar kami sebelum memulai pelajarannya.
2.      Disiplin
Guru Bahasa Inggris saya pada waktu SMP sangat disiplin, bahkan beliau selalu hadir terlebih dahulu melebihi anak muridnya, dan jika beliau terlambat 15menit beliau hanya masuk untuk menyampaikan maaf karena menyalahi aturan.
3.      Profesional
Semasa SMA, semua guru saya bersikap professional, baik dalam memberikan nilai, memberikan perhatian, dan mengajar dengan baik.
4.      Kreatif
Ada seorang guru matematika semasa saya SMA, beliau sangat kreatif pada saat mengajar kami. Beliau selalu menyisipkan lelucon, cerita menarik, bahkan permainan disela-sela jam mengajarnya sehingga kami tidak menjadi bosan dan mengantuk.
5.      Rapi
Di perguruan tinggi tempat saya menuntut ilmu, ada penampilan seorang dosen yang membuat saya kagum karena selalu berpakaian rapid an bersih saat mengajar.
6.      Tegas
Saya sangat menyukai guru agama sewaktu SD karena ketegasan beliau yang selalu meminta kami untuk menghafal ayat-ayat pendek dalam Al-Qur’an.



2.      Karakteristik-karakteristik terburuk pendidik menurut saya,
Diantaranya :
KARAKTERISTIK
CONTOH SITUASI
1.      Pemarah
Ketika mengajar, guru Fisika saya sewaktu SMP ini selalu marah dan anehnya beliau selalu marah dikarenakan hal-hal yang tidak masuk di akal, seperti kami dilarang meminta izin ke WC pada saat proses belajar dan mengajar berlangsung.
2.      Ringan Tangan
Sewaktu SD, ada beberapa guru yang ringan tangan alias “main pukul” kalau kami salah menjawab pertanyaan yang beliau berikan di papan tulis.
3.      Lemah Gemulai Sepanjang Hari
Selama saya sekolah, hanya ada 1guru saya yang lemah gemulai. Mulai dari beliau menjelaskan, berjalan, dan mengerjakan sesuatu sehingga membuat kami selalu tertawa terkikik-kikik ketika dia mengajar dan membuat kami tidak berkonsentrasi dalam belajar.
4.       Membosankan
Di semester ini, kiranya ada seorang dosen yang metode pembelajarannya sangat membosankan, membaca slide beliau seperti membaca Koran dan ketika menerangkan, beliau hanya membaca apa yang tertera didalam slidenya . itu membuat saya gila !!!
5.      “Nerd”
Apa tanggapan anda ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung, tiba-tiba guru anda berteriak tanpa sebab lalu berbicara sendiri ???
6.      Jorok
Hobi ngupil lalu meletakkan upilnya dibawah meja dan selalu merokok pada saat mengajar, seharusnya tidak dimiliki oleh seorang pendidik apalagi guru tersebut membawakan mata kuliah PKN sewaktu saya SD. Hal tersebut membuat murid jijik dan menjauh ketika beliau memeriksa catatan kami.