. Media Pembelajaran Twitter | '=welcome to Ren's Zone='

Media Pembelajaran Twitter




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Di era globalisasi saat ini, dimana teknologi informasi dan komunikasi dengan segala kecanggihanya telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari segala aspek sesi kehidupan manusia tidak terkecuali dunia pendidikan.
Sebagaimana kita pahami bahwa Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi informasi dan Teknologi komunikasi. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan, Sedangkan Teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.memungkinkan terjadinya pertukaran informasi yang cepat tanpa terhambat oleh batas ruang dan waktu. Berbeda halnya dengan masa-masa sebelumnya yang masih memanfaatkan benda-benda alam disekitarnya yang bersifat apa adanya. Namun kini, manusia berlomba-lomba untuk mengintegrasikan TIK dalam semua aspek kehidupan untuk membangun dan membudayakan masyarakat yang berbasis pengetahuan agar mampu bersaing dalam era global.  Salah satunya adalah pengunaan internet sebagai media pembelajaran.

Saat ini, hampir setiap orang mudah untuk mengakses internet. Dari orangtua , remaja, hingga anak kecil pun sudah mengenal internet.  Apalagi didukung dengan menjamurnya smartphone dan paket internet yang berlomba-lomba menamai dirinya murah.  Tidak perlu repot untuk ke warung internet untuk mengaksesnya. 
Seiring berkembangnya teknologi internet, masyarakat pun makin ramah dengan situs jejaring sosial facebook, blogger, my space hingga twitter.Situs jejaring sosial tidak hanya menjadi wadah untuk berinteraksi dengan teman. Ada yang memanfaatkannya sebagai media dalam menyampaikan informasi, untuk mempromosikan produk, bahkan hanya sekadar untuk mencurahkan perasaan sang pengguna. Dari berbagai macam jejaring sosial, salah satu diantaranya adalah twitter.Jejaring sosial media yang satu ini sedang gencar-gencarnya booming setelah facebook.Terlebih untuk para remaja yang tidak ingin ketinggalan zaman modern. Twitter dikalangan remaja memang bisa menambah teman atau link, bisa menjadi sarana bisnis untuk remaja yang ingin tidak rugi dalam menggunakan social medianya, bisa menjadi tempat ajang kepopuleran bagi remaja saat ini, dan juga bias sebagai media pembelajaran.
Penggunaan belajar online dalam pendidikan terus meningkat.Para siswa tidak lagi hanya memiliki akses ke buku cetak, tetapi juga materi pendidikan yang terletak jauh melampaui dinding bangunan sekolah.Siswa dapat memperoleh informasi di perpustakaan yang beragam, berjauhan secara fisik, tidak bisa diakses.Sumber dayapun begitu, melampaui impian banyak orang, tetapi yang paling melimpah adalah yang langsung tersedia bagi banyak orang. Para siswa dan guru bias meningkatkan belajar dikelas dengan mengakses informasi dari sumber-sumber, berkomunikasi dengan computer dengan siswa lainnya.
Dalam artikel ini penulis membahas tentang karakteristik penggunaan twitter sebagai media pembelajaran mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana manfaat penggunaan twittersebagai media pembelajaran ?
2.      Apa keunggulan serta kelemahan twitter sebagai media pembelajaran ?

C.    Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan artikel ini adalah: 
1.      Untuk mengetahui manfaat penggunaan twitter sebagai media pembelajaran
2.      Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan twitter sebagai media pembelajaran

D.    Manfaat
1.      Dapat menambah wawasan bagi mahasiswa berkaitan dengan manfaat serta kelebihan dan kekurangan twitter sebagai media pembelajaran.
2.      Dapat menambah wawasan bagi dosen untuk mengajarkan kepada anak didiknya tentang manfaat serta kelebihan dan kekurangan twitter sebagai media pembelajaran.


BAB II
KAJIAN TEORI

A.    Media Pembelajaran
1.      Pengertian
Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau ‘pengantar’. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada pesan penerima.Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.Dalam pengertian ini, guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media.Secara lebih khusus, pengertia media dalam peroses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.
Batasan lain telah pula dikemukakan oleh para ahli yang sebagian diantaranya akan diberikan berikut ini AECT (Association of Educional and Communication Technology, 1977) memberi batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Di samping sebagai siste penyampai atau pengantar, media yang sering diganti dengan  katamediator menurut Fleming (1987:234) adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikannya. Dengan istilah mediator  media menunjukkan fungsi atau perannya, yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar- siswa da nisi pelajaran. Di samping itu, mediator dapat pula mencerminkan pengertian bahwa setiap system pembelajaran yang melakukan peran mediasi, mulai dari guru sampai kepada peralatan paling canggih, dapat disebut media.Ringkasnya, media adalah alat menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pembelajaran.
Berdasarkan uraian beberapa batasan tentang media di atas, berikut dikemukakan ciri-ciri umum yang terkandung pada setiap batasan itu.
a.       Media pendidikan memiliki pengertia fisik yang dewasa ini dikenal sebagai hardware (perangkat keras), yaitu sesuatu benda yang dapat dilihat, didengar, atau diraba dengan pancaindera.
b.      Media pendidikan memiliki pengertian nonfisik yang dikenal sebagai software (perangkat lunak), yaitu kandungan pesan yang terdapat dalam perangkat keras yang merupakan isi yang ingin disampaikan kepada siswa.
c.       Penekanan media pendidikan terdapat pada visual dan audio.
d.      Media pendidikan memiliki pengertian alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun diluar kelas.
e.       Media pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
f.       Media pendidikan dapat digunakan secara massal (misalnya: radio, televise), kelompok besar dan kelompok kecil (misalnya: film, slide, video, OHP), atau perorangan (misalnya: modul, computer, radio tape/ kaset, video recorder).
g.      Sikap, perbuatan, organisasi, strategi, dan manajemen yang berhubungan dengan penetapan suatu ilmu.

2.      Sumber Belajar
Istilah sumber belajar dipahami sebagai perangkat, bahan (materi), peralatan, pengaturan, dan orang dimana pembelajar dapat berinteraksi dengannya yang bertujuan untuk memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja (Januszewski dan Molenda, 2008).Oleh karena itu, yang dimaksud dengan sumber belajar adalah sumber-sumber yang mendukung belajar termasuk system penunjang, materi, dan lingkungan pembelajaran (Seels dan Richey, 1994). Sumber disini bukan hanya terbatas pada peralatan dan bahan yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar, melainkan juga orang, anggaran (budget) dan fasilitas. Pendeknya, sumber belajar disini mencakup segala yang tersedia untuk membantu individu belajar menunjukkan kemampuan dan kompetensinya.
Berdasarkan defenisi sumber belajar sebagaimana diberikan di atas, maka media pembelajaran dan sumber belajar  memiliki kesamaan di suatu sis dan juga perbedaan di sisi lain. Persamaannya; ketika media berfungsi sebagai sumber untuk membantu individu dalam proses pembelajaran. Misalnya, media video yang berisi materi atau bahan pembelajaran digunakan untuk membantu proses pembelajaran baik dalam ruang kelas ataupun diluar kelas, maka kedudukan media video tersebut sama dengan sumber belajar. Tetapi, jika media visual yang hanya berfungsi sebagai peralatan fisik saja berfungsi sebagai perantara antara sumber dengan penerima informasi, maka peralatan visual tersebut hanyalah media dan bukan sebagai sumber belajar.Dari perspektif ini, media pembelajaran lebih sempit dari sumber belajar.

B.     Twitter
Media pembelajaran berbasis internet yaitu penggunaan internet sebagai media penyampaian informasi pembelajaran.Salah satu media pembelajaran berbasis internet adalah twitter.
1.      Pengertian Twitter
Twitter merupakan jenis situs jejaring sosial pertemanan yang memungkinkan para penggunanya dapat mendapatkan relasi dengan mendaftarkan dirinya pada situs tersebut (Agnes, 2013).
Elcom (2010: 1-2) menarik kesimpulan sebagai berikut:
Twitter adalah sebuah micro-blogging / blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial yang dioperasikan oleh twitter.inc.Disebut micro-blogging karena situs ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan seperti blog pada umumnya. Pesan tersebut bernama tweets, yaitu teks tulisan yang dapat ditulis sebanyak 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Twitter dapat memfasilitasi penggunanya seperti dapat memberikan update (pembaruan) informasi tentang diri penggunanya, bisnis, memperbanyak teman, dsb
Twitter adalah sebuah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial seperti halnya Facebook (Nurhakim, 2012)

2.      Sejarah Twitter
Pada Maret 2006 mulai berdirinya Twitter yang didirikan oleh 3 orang yaitu Jack DorseyEvan Williams dan Biz Stone. Evan Williams dan Biz Stone yang berasal dari Google dan Jack Dorsey yang merupakan karyawan Odeo. Pada akhir 2006, Evan Williams bersama dengan Biz Stone  mendirikan sebuah perusahaan, yaitu Obvious Corp dengan mantan karyawan Odeo.
Awal berdirinya Twitter dimulai dari perusahaan yang terpisah pada April 2007 oleh Obvious Corp. Jack Dorsey adalah chief executive officer sampai Oktober 2008, ketika Evan Williams menjadi CEO dan Jack Dorsey bergeser ke posisi ketua dewan direksi.
Jack Dorsey merupakan pencetus ide twitter dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh Podcasting perusahaan Odeo. Jack Dorsey memiliki suatu ide mengenai sebuah pesan atau ‘status’, pengiriman pesan atau status mengenai apa yang seseorang lakukkan. Dengan siapa dia berinteraksi, hingga akan membentuk sebuah interaksi percakapan antar pengguna.
Pada saat itu, pesan instan sangat populer, salah satunya itu AOLInstant Messenger.Jack Dorsey melihat hal ini dan bertanya-tanya dalam dirinya apakah ia dapat menggabungkan ide-ide awal Dorsey untuk membuat sebuah layanan pengiriman pesan atau status. Muncullah Twitter, pada awalnya Twitter dinamai Twttr.
Konsep awal dari twitter adalah sebuah sistem yang pengguna dapat untuk mengirimkan pesan yang dapat disebarkan ke semua teman. Dengan melakukkan diskusi dan koreksi di sistem tersebut, maka saat ini twitter telah berkembang menjadi layanan jejaring sosial yang memiliki fitur untuk menerbitkan posting singkat atau status serupa dengan SMS yang bisa diakses di Internet.
 
Pada tanggal 15 Juli 2006 dimulailah proyek pembuatan twitter secara terbuka. Pada April 2007 twittersecara resmi menjadi perusahaan, dengan nama Twitter,Inc. Kepopuleran twitter dimulai pada tahun 2007 bertepatan dengan diadakannya festival musik yang cukup populer South by Southwest (SXSW). Selama proses acara tersebut penggunaan twitter meningkat sebanyak 40.000 tweets per hari, dari 20.000 tweets per hari menjadi 60.000 tweets per hari.


3.      Berinteraksi di Twitter
Follow (pengikut) adalah istilah penambahan atau meminta pertemanan kepada profile yang bersangkutan. Setelah berhasil menambahkan sejumlah profile yang telah di ikuti (following), atau bahkan berhasil memperoleh penggemar (follower), maka tugas selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada profile tersebut. Pengaturan ini bias digunakan untuk melakukan followback, menghapus, dan berbagai tindakan lainnya.
Tweet atau sebuah laporan singkat didalam twitter yang bisa digunakan untuk menggambarkan kondisi atau memberitahukan kepada para follower tentang perkembangan terbaru dari apa yang sedang terjadi, sehingga dengan cepat mereka akan mengetahuinya.
Melakukan interaksi dengan teman didalam twitter bisa di lakukan melalui tweet yang diterbitkan atau ditulis teman. Setiap kali ada teman (following) yang melakukan update tweet, maka akan ditampilkan di dalam home. Jika ingin membalas tweet tersebut, gunakan link Reply untuk membalas tweet pada following.
Jenis komunikasi lain yang bisa di coba adalah Direct Massage atau sebuah pesan langsung yang ditujukan kepada profile tertentu. Direct Massage ini bisa digunakan jika menginginkan bercakap-cakap langsung tanpa ada profile lain yang bisa membaca pesan, sehingga dengan menggunakan komunikasi ini kerahasiaan akan terjaga.
Berita atau informasi yang ada di dalam sebuah situs bisa di bagikan kepada follower. Dengan membagikan berita, bisa memberikan infomasi secara cepat terkait dengan apa yang sedang di baca. Pada beberapa situs sudah menyediakan tombol untuk link share to twitter sehingga tidak akan kesulitan dalam melakukan kegiatan ini.
Tweet selain sebagai media pemberitahuan kepada follower, juga merupakan media komunikasi di twitter. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian dan terlihat unik, bisa menghias tweet yang di terbitkan dengan symbol. Untuk kegiatan ini, bisa memanfaatkan jasa situs www.tweetsmarter.com


1.      Manfaat Twitter
Salah satu manfaat dari situs jejaring sosial Twitter adalah siapapun dan di manapun kita bisa terhubung langsung dengan banyak orang sekaligus dapat melakukan komunikasi dua arah dengan mereka.Saat ini banyak pengguna Twitter yang memanfaatkan fasilitas Twitter untuk menyebarkan pengetahuan, wawasan, ilmu dan kisah inspiratif.Bahkan ada beberapa pengguna Twitter yang menyebarkan ilmu-ilmu pelajaran sekolah seperti sejarah, bahasa, pendidikan kewarganegaraan, dan pelajaran lainnya. Jika ini bisa diakses dan difungsikan dengan tepat oleh pelajar, tentu keberadaan Twitter akan memperkaya pengetahuan dan wawasan pelajar di samping pelajaran-pelajaran yang mereka terima dari guru-gurunya di kelas.

2.      Kelebihan Twitter
a.       Sebagai media komunikasi sederhana yang mudah untuk mendapatkan maupun menyebarkan informasi
b.      Mudah dinavigasi dan memperbarui, "link to" dan mempromosikan apapun.
c.       Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
d.      Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
e.       Cepat tanggap
f.       Sangat interaktif


3.      Kekurangan Twitter
a.       Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan  langsung.
b.      Dibatasi sampai 140 karakter per update
c.       Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
d.      Lebih menekankan pada penghitungan follower
e.       Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
f.       Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
g.      Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

A.    Twitter  sebagai Media Pembelajaran
1.      Pemanfaatan Twitter sebagai Media Pembelajaran
a.       Guru dan siswa secara cepat memperoleh informasi tanpa harus tatap muka.
b.      Siswa akan merasa senang untuk belajar karena mendapatkan pengalaman baru dalam melakukan pembelajaran atau tidak menggunakan media atau cara yang konvensional.
c.       Guru dapat memberikan pertanyaan diskusi atau refleksi pada akhir pelajaran.
d.      Meminta peserta untuk memberikan pendapat atau komentar menggunakan Twitter.



2.      Kelebihan Twitter sebagai Media Pembelajaran
a.       Dapat berkomunikasi tidak hanya dengan guru atau siswa di satu sekolah namun dengan orang lain yang menggunakan sosial media ini.
b.      Pembelajaran tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.
c.       Dapat atau memberikan informasi dengan cepat.
d.      Pembelajaran akan lebih menarik

3.      Kelemahan Twitter sebagai Media Pembelajaran
a.       Penjelasan suatu masalah tidak dapat mendetail karena maksimal karakter yang dimuat hanya 140.
b.      Siswa yang berkomentar di twitter kebanyakan tidak mengarah pada pertanyaan yang sedang didiskusikan.








BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
1.      Media Pembelajaran adalah alat bantuproses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
2.      Twitter merupakan jenis situs jejaring sosial pertemanan yang memungkinkan para penggunanya dapat mendapatkan relasi dengan mendaftarkan dirinya pada situs www.twitter.com
3.      Manfaat twitter sebagai media pembelajaran yaitu guru dan siswa secara cepat memperoleh informasi tanpa harus tatap muka. Siswa akan merasa senang untuk belajar karena mendapatkan pengalaman baru dalam melakukan pembelajaran atau tidak menggunakan media atau cara yang konvensional.

B.     Saran
Diharapkan pembaca dapat memahami peran twitter sebagai media pembelajaran. Dengan media pembelajaran twitter, diharapkan dapat membantu melakukan proses belajar mengajar yang baik.




DAFTAR PUSTAKA

            Andi & Madcom. 2011. Ber-Internet dengan Facebook dan Twitter untuk Pemula. Yogyakarta: Andi, Madiun: Madcoms

            Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Elcom. 2009. Twitter Best Social Networking. Yog