. TUGAS PSIKOLOGI PENDIDIKAN | '=welcome to Ren's Zone='

TUGAS PSIKOLOGI PENDIDIKAN


“MAKNA PESAN”

      Pesan   : Jangan hanya duduk belajar menuntut otak agar aktif libatkan otak.
Makna : Jika dalam proses belajar dan pembelajaran harus aktif , jangan hanya datang, duduk, diam yang artinya harus melibatkan otak serta indera-indera lainnya ( seperti : mata, telinga, juga mulut) untuk ikut aktif agar ide-
ide pemikiran kita dapat tersalurkan juga dapat berkembang yang membuat pengetahuan kita bertambah.


Implikasi Bagi Guru :
1. Gunakan teknik belajar aktif, seperti memberikan ini materi lalu membiarkan siswa mengkaji sendiri materi tersebut dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk menyampaikan pendapat mereka tentang apa yang telah dipelajari.
2.  Jangan memberikan informasi yang telah jadi seperti dictation, foto kopi, catatan yang digandakan karena akan membuat siswa menjadi malas untuk memperhatikan gurunya ketika sedang menerangkan di depan kelas.
3. Menuntut siswa menemukan / mengerjakan hal – hal melalui riset , pemecahan masalah , peer teaching, uji hipotesis agar membuat siswa mempergunakan daya pikirnya untuk mengkaji sendiri dan mempelajari materi tersebut menggunakan pemikirannya.
4.  Saat siswa minta bantuan, tata pemikiran mereka dengan menanyai mereka dan memberikan memicu (prompt) sehingga mereka mengerjakannya sendiri.

Implikasi Bagi Siswa :
1. Apakah pesan tersebut sudah ada dalam dirimu ?
2. Jangan hanya membaca teks secara pasif, buat catatan, higlight, mind map!
3. Terus membandingkan hal baru dengan apa yang telah kamu ketahui : "apa yang telah saya pelajari
    hari ini”
4. Tinjau kembali apa saja yang telah kamu pelajari lalu bandingkan dengan silabus. Jika ada hal-hal yang belum dimengerti, silahkan bertanya kepada guru.
5. Cek pemahamanmu dengan guru !